Friday 8 May 2015

Teknik Inokulasi Gaharu Agar diterima di Pasaran

Kiat Agar Hasil Inokulasi Laku di Jual dengan Harga Tinggi

     Inokulasi gaharu tidak hanya bertujuan bagaimana menghasilakan gubal semata tetapi ada banyak hal yang harus diperhatikan. Gubal yang kita produksi haruslah sesuai dengan selera dan standard permintaan pasar. 
     Menurut Syamsul huda salah seorang Petani yang sukses dalam inokulasi gaharu mengatakan hasil suntikannya belum pernah ditolak buyer-buyer arab. Soal harga beliau mengatakan dari hasil inokulasi kurang dari 1,5 tahun hasil inokulasinya dihargai rate antara 2-3,5 jt perkilonya.  Semakin lama usia panen maka harganya akan semakin tinggi pula sesuai dengan kualitasnya. Seperti yang di lakukan abdul murad petani gaharu sukses asal mataram hasil inokulasi beliau bahkan ada yang dihargai sampai 7 juta perkilo dengan masa inokulasi sekitar 3 tahun. Hal senada juga dikatakan oleh Maruli, Gubal Gaharu hasil
inokulasinya dihargai tinggi oleh buyer Arab maupun China. Oleh sebab itu ketika kita mau menginokulasi kita harus memperhatikan beberapa hal  diantaranya :


1. Jenis dan Karakter Inokulan
      Seiring perkembangan teknologi Inokulasi maka semakin berkembang pula jenis Inokulan yang ditawarkan. Yang perlu di ingat dan dipelajari bahwa masing-masing inokulan memiliki karakter masing-masing seperti yang telah kami jelaskan diatas.  
Dengan memahami jenis dan karakter inokulan maka kemungkinan kita berhasil lebih besar.
2. Teknik Inokulasi
       Inokulan yang bagus harus ditunjang dengan teknik inokulasi yang tepat sesuai dengan jenis dan karakter Inokulan serta tujuan dari pemasaran hasil inokulasi itu sendiri.  Sehingga produksi gubal gaharu kita  sesuai dengan standar dan permintaan pasar.  Perlu di ingat setiap inokulan memiliki teknik masing-masing yang kadang tidak bisa kita terapkan kepada jenis inokulan lainnya. Pengaturan jarak, ukuran, kedalaman, arah dan kemiringan mata bor harus benar-benar diperhatikan.

3. Musim dan Lingkungan
       Musim memainkan peranan penting karena erat kaitannya dengan kelembaban, sesuaikan jenis Inokulan dengan musim yang dianjurkan oleh produsen inokulan. Demikian juga lingkungan disekitar gaharu ada jenis inokulan sangat baik bila digunakan dilingkungan pohon gaharu yang rimbun dan lembab dan sebaliknya ada inokulan sangat baik bila digunakan bila pohon gaharu banyak mendapakan sinar matahari dan lingkunagan yang kering. Secara umum gaharu yang tumbuh di lingkunagan yang sejuk ( memiliki naungan, atau didalam kebun yang rimbun) lebih mudah terbentuk gubal gaharunya, terutama yang mengunakan inokulan berbasis jamur dan Nutrisi.

4. Jenis Gaharu
       Setiap jenis gaharu dan daerah memiliki karakter pembentukan gubal masing-masing. Ada jenis gaharu yang mudah di inokulasi dan sebaliknya adapula yang sulit untuk terbentuknya gubal gaharu.

5. Ukuran dan Bentuk
     Sementara ini bentuk hasil inokulasi yang mudah dipasarkan adalah bentuk chips tipis dan kecil dibandingkan dengan gubal gaharu berbentuk log. Sasaran pasar ialah buyer-buyer dari timur tengah. 

6. Aroma
    Aroma hasil inokulasi sangat dipengaruhi oleh bahan inokulan yang kita gunakan. Semakin bagus aromanya yakni mendekati aroma alami maka akan semakin tinggi harganya.

7. warna
      Warna gubal juga sangat mempengaruhi harga jual gubal gaharu karena dari warna mengambarkan kualitas dari gubal tersebut yakni semakin hitam dan padat maka semakin bagus pula harga gubal tersebut.

8. Teknik carping.
       Cara kita membersihkan memisahkan daging kayu dengan gubal gaharu juga memainkan peranan penting sedapat mungkin hasil carvingan kita bersih dan rapi. Lubang inokulasi yang kecil jauh lebih mudah dipsarkan ketimbang yang memiliki lubang besar.

9. Usia Inokulasi
        Untuk mendapatkan hasil inokulasi yang berkualitas dan sesuai standar pasar baik pasar China maupun Arab maka kita perlu menyesuaikannya dengan lama usia inokulasi karena lamanya masa inokulasi sangat erat kaitannya dengan kualitas Grade Gubal Gahru yang dihasilkan.

10. dll
   

5 comments:

  1. semoga membantu petani dalam budidaya gaharu, saat ini yang perlu mendapatkan perhatian khusus ada;lah masalah inokulasi jika inokulasi berhasil maka ,masalah pemasaran tidak lagi menjadi kmaalah..

    ReplyDelete
  2. terlalu murah dipostingan anda, punya saya kemarin laku 200jt/kg ama orang malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap sekali pak..gaharu laku 200 jt/kg...gimana teknisnya pak...tolong bagi pengalaman di WA 081 326 685 465 Aji

      Delete
  3. Assalamu alaikum! bisakah meracik sendiri inokulan Fusarium dan brp biayanya oak?

    ReplyDelete
  4. Info lebih lanjut Penyuntikan tanaman silahkan hub. Bp.Santoso 085640657365

    ReplyDelete